berita


Diskominfo gelar Sosialisasi Generasi yang Cakap Digital dan Berkarakter

Di era digital yang terus berkembang, literasi digital menjadi keterampilan kunci yang harus dimiliki oleh generasi muda. Diskominfo melalui Bidang Komunikasi menggelar sosialisasi literasi digital bertempat di MTs N 1 Halmahera Timur, Kamis (28/3/2024). Kegiatan tersebut membuka peluang baru bagi siswa untuk memahami dunia digital dengan lebih baik.
Sosialisasi yang di moderatori oleh Kepala Bidang Komunikasi Fa’athiria Ear menghadirkan Irfan Andi sebagai Narasumber. Selain itu hadir pula Kepala Sekolah MTsN 1 Halmahera Timur  Jena Muhamad,S.Pd sekaligus membuka langsung acara Sosialisasi.

Menurut Jena Seiring dengan maraknya perkembangan teknologi digital dan pendidikan yang beralih seketika dengan pendidikan online membuat generasi muda semakin erat kesehariannya dengan teknologi. Tanpa ada arahan yang tepat tentang literasi digital mereka bisa terjerumus ke efek negatif penggunaan teknologi digital karena banyak sekali aplikasi-aplikasi dan informasi yang tidak cocok untuk generasi muda akan tetapi disatu sisi dengan mudahnya generasi milenial saat ini bisa bersentuhan dengan hal tersebut.

Dalam acara tersebut, Narasumber Irfan Andi memberikan pemaparan yang informatif tentang bahaya dan manfaat dunia digital. Dia juga berbicara tentang pentingnya perlindungan data pribadi dan menghindari konten berbahaya di internet. “Generasi muda kita adalah pemimpin masa depan, dan literasi digital adalah alat penting dalam membantu mereka menjadi pengguna yang bijak dan bertanggung jawab dalam dunia digital yang terus berkembang”, tegas Irfan.

 

Fa’athiria juga menekankan agar Generasi milenial  memanfaatkan dunia digital yang lebih cakap lagi. Karna dunia digital mempunyai dampak positif dan dampak negatif. "Tugas Kami adalah  memberikan pencerahan pada generasi Z dan cara berkomunikasi dengan Baik pada Era digital Komunikasi dan hubungan sosial pada Era digital memudahkan anak-anak untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, terutama yang tinggal jauh. Media sosial, aplikasi perpesanan, dan panggilan video memungkinkan mereka mempertahankan hubungan yang bermakna dan mengembangkan keterampilan sosial yang berharga". Imbuhnya
Selain pemaparan dilapangan, sosialisasi ini juga mencakup games yang menarik dan interaktif yang aman dan bermanfaat. (DiskominfoHT)

 

 

Share