berita


Wabub Haltim Buka Panen Perdana Hasil Petani Harmoni Desa Geltoli Binaan ANTAM

Diskominfo.haltimkab.go.id  - PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara melalui Corporate Social Responsibility (CSR) terus berupaya dalam membina dan mengedukasi masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat terutama kepada masyarakat lokal yang berada dilingkar tambang. 

 

Selain merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, program CSR PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara juga bertujuan mengedukasi dan membangun nilai ekonomi dari sektor pertanian untuk masyarakat lokal.

 

Hal tersebut diwujudkan dengan adanya panen perdana Jagung Manis milik Kelompok Tani Harmony Desa Gamesan, Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur yang merupakan Kelompok Tani Binaan CSR PT ANTAM Tbk UBPN Malut. Selasa (06/06/2023).

 

Wakil Bupati Halmahera Timur Anjas Taher saat membuka acara panen perdana dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara yang telah membina dan membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif. 

 

"Kami Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Aneka Tambang yang sudah berkontribusi besar dalam pelaksanaan program-program CSR salah satunya dengan pengembangan untuk sektor pertanian" ucapnya.

 

Wakil Bupati juga menyebutkan ditahun ini jika smelter beroperasi otomatis bahan pangan horti dan buah-buahan akan meningkat. Tentunya kebutuhan pangan akan semakin naik dan orang akan tahu bahwa ANTAM yang memprakarsai kegiatan ini. Jika 6 hektar lahan yang disiapkan ANTAM untuk dimanfaatkan masyarakat ditambah lahan milik masyarakat jika diakomodir tentunya kebutuhan pangan horti akan terpenuhi. Tuturnya.

 

Lanjutnya, panen perdana hari ini menjadi langkah awal yang baik sehingga kedepan harus ada komitmen dari ANTAM kepada bapak/ibu petani untuk menjadi penghasil tanaman horti dan buah-buahan untuk dapat disupply ke PT ANTAM termasuk perusahaan lain yang ada di Halmahera Timur sebagai pemenuhan kebutuhan karyawan.

 

Saya berharap angka kemiskinan Haltim yang tinggi dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat untuk lebih baik lagi kedepannya. Tegasnya 

 

Terpisah, Ery Budiman selaku General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara mengucapkan terimakasih kepada kelompok ibu-ibu Petani Harmony Desa Gamesan Binaan CSR PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara.

 

"Jadi ini panen perdana untuk kebun holtikultura jagung, kita inisiasi ini karena lahan disini belum produktif sekarang kami produktifkan ada 6ha nanti kita kembangkan selain hortikultura juga tanaman buah sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat" tukasnya

 

Ery menambahkan Pengambangan ANTAM kedepannya akan lebih luas dan bersinergi dengan bapak/ibu petani untuk memenuhi pasokan sayuran dan buah-buahan di wilayah lingkar tambang khusus PT ANTAM dan anak Perusahaannya.

 

Dirinya berharap "Semangat dan sinergi ini tetap terus berlanjut dan saling mendukung". ANTAM dan anak Perusahaan baik itu SDA, NKA dan FHT serta stakeholder yang ada di Halmahera Timur untuk membangun ekonomi masyarakat kearah yang lebih baik, tandasnya.

 

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Halmahera Timur Anjas Taher, Idrus Enos Maneke selaku Wakil Ketua DPRD Haltim, Ery Budiman selaku General Manager PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara, Yacob Sampe selaku GA & CSR Manager, Kapolsek Maba Iptu Jawardi R. SH, Danpos AL Maba Suripto, Ketua APDESI Haltim, Kepala-kepala Desa kecamatan Maba, External dan CSR PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara, CSR PT. SDA dan NKA serta beberapa stakeholder lainnya. 

Share