ZUBAIDA KOMDAN AJAK MASYRAKAT PERANGI HOAX

ZUBAIDA KOMDAN AJAK MASYRAKAT PERANGI HOAX

DISKOMINFOHT - Plt.Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Timur Zubaida Komdan mengajak masyarakat untuk memerangi hoaks demi mengoptimalkan komunikasi publik yang efektif. 

Zubaida Menjelaskan Diskominfo sebagai leading sektor bidang komunikasi publik pemerintah, telah dan akan terus mengorkestrasi komunikasi publik lintas OPD/Lembaga baik terkait isu, program prioritas pemerintah, kinerja kerja strategis,maupun penyelenggaraan kegiatan nasional dan internasional.

Namun demikian, terdapat pula tantangan yang perlu diantisipasi bersama pada saat melaksanakan kerja-kerja komunikasi publik, saat ini  diantaranya penyebaran hoaks dan informasi bohong. Kata Zubaida Kamis 23/06/22.

Zubaida mengatakan Dengan banyaknya konten hoax maupun ujaran kebencian yang terus dibagikan setiap pengguna media sosial, tanpa adanya filter dari diri sendiri, maka berita yang bohong akan dicap benar oleh masyarakat. Karena itu saya setuju, perlu ada gerakan untuk melawan hoax dan penyebar kebencian dari unsur pengguna media sosial itu sendiri.

"Ketika kita memberikan informasi, jangan langsung disebarluaskan, akan tetapi harus saring dahulu dan konfirmasi apakah berita tersebut benar atau tidak. Jika berita tersebut positif dan benar tidak masalah, tetapi jika berita tidak benar jangan disebarluaskan,” imbuhnya

Lanjut Zubaida "Diskominfo Haltim akan melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi untuk  terus memberikan informasi  publik ke masyarakat yang lebih luas, karna tujuan kami sekarang di utamakan pelayanan publik khususnya informasi kepada masyarakat . 

Di tambahkannya saat ini Diskominfo sudah mengoperasikan Website haltimkab.go.id dimana berita  sudah dapat di akses,  "memang ada beberapa  dalam perbaikan, dan penambahan konten  tapi kami percaya ini langkah awal yang baik untuk Diskominfo  bergerak memberikan pelayanan informasi publik perlahan tapi pasti dari pada tidak sama sekali". Tegasnya

Dirinya berharap Masyarakat Halmahera Timur lebih bijak mengunakan media sosial dan menyerap Informasi lebih baik lagi, Tandasnya

Diketahui saat ini Diskominfo Haltim Melakukan Program Inovasi Sistem Integrasi Informasi Data Halmahera Timur,  yang akan bekerjasama dengan seluruh OPD memberikan informasi publik kepada masyarakat.

Reporter : Nurcherly